Powered By Blogger

Sabtu, 02 April 2011

sumber belajar


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Dalam proses belajar mengajar tidak akan lepas dari tiga komponin pokok yaitu, Pendidik (guru, dosen), Peserta didik (murid/siswa) dan Bahan pembelajaran atau sumber belajar. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Pendidikan Nasional, No. 20 th. 2003 yang berbunyi:
“Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar”.
Pembelajaran sebagaimana yang dimaksud dalam UU No. 20 Th 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional diatas, mengisyaratkan tiga komponen penting dalam pembelajaran, yaitu peserta didik, pendidik dan sumber belajar.
Pembelajaran sebagai suatu proses merupakan suatu sistem yang tidak terlepas dari komponen-komponen yang saling berinteraksi di dalamnya. Salah satu komponen dalam proses tersebut adalah sumber belajar.

B. Rumusan Masalah
Dari uraian di atas penulis menyajikan beberapa rumusan masalah, diantaranya sebagai berikut:
1.      Apa pengertian dari sumber belajar?
2.      Bagaimana klasifikasi dari sumber belajar?
3.      Apa komponen dan faktor dari sumber belajar?
4.      Bagaimana cara memilih sumber belajar?
5.      Bagaimana cara memanfaatkan sumber belajar?

C. Manfaat dan Tujuan
            Adapun manfaat dari penulisan makalah ini kita dapat mengetahui pengertian, klasifikasi, komponen-komponen dari sumber belajar dan juga kita dapat memilih sumber belajar yang tepat dalam proses pembelajaran, sehingga ketika kita menyampaikan pelajaran, pelajaran kita dapat diterima oleh murid, karena sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.
            Adapun tujuannya secara husus adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Media Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab. Adapun secara umum diharap dapat mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran yang diampuhnya.























BAB II
PEMBAHASAN

 A. Pengertian Sumber Belajar
Sumber belajar merupakan daya yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar-mengajar, baik secara langsusng maupun secara tidak langsung. Pengertian yang lebih luas tentang sumber belajar diberikan oleh Edgar Dale dalam Sudjana dan Rivai (2003:76) yang menyatakan bahwa pengalaman itu adalah sumber belajar.
Lebih lanjut Sudjana dan Rivai (2003:77) menyebutkan bahwa sumber belajar adalah segala daya yang dapat dimanfaatkan guna memberi kemudahan kepada seseorang dalam belajarnya.
Dalam pembagian sumber belajar itu, terdiri dari dua macam, yaitu (1) sumber belajar yang dirancang (learning resources by design) yaitu sumber belajar yang dirancang atau sengaja dibuat atau dipergunakan untuk membantu belajar-mengajar, dan (2) sumber belajar yang dimanfaatkan (learning resources by utilization), yaitu sumber belajar yang dimanfaatkan guna memberi kemudahan kepada seseorang dalam belajar berupa segala macam sumber belajar yang ada di sekeliling kita.
Sumber belajar dalam pengertian luas dikemukaan oleh Torkleson dalam AECT (1994:87) mengemukakan bahwa sumber-sumber itu mempunyai pengertian luas, melebihi bidang audiovisual tradisional dan menjangkau pengembangan bidang teknologi pendidikan masa sekarang dan yang akan datang.

B. Klasifikasi Sumber Belajar
AECT (Association of Education Communication Technology) melalui karyanya The Definition of Educational Technology (1977) mengklasifikasikan sumber belajar menjadi 6 macam;
1.      Message (pesan), yaitu informasi/ajaran yang diteruskan oleh komponen lain dalam bentuk gagasan, fakta, arti, dan data. Termasuk dalam komponen pesan adalah semua bidang studi/mata kuliah atau bahan pengajaran yang diajarkan kepada peserta didik.
2.      People (orang), yakni manusia yang bertindak sebagai penyimpan, pengolah, dan penyaji pesan, misalnya guru, dosen, peserta didik dsb.
3.      Material (bahan), yaitu perangkat lunak yang mengandung pesan untuk disajikan melalui penggunan alat atau perangkat keras ataupun oleh dirinya sendiri. Misalnya, film, audio, majalah dsb.
4.      Device (alat), yakni sesuatu (perangat keras) yang digunakan untuk menyampaikan pesan yang tersimpan dalam bahan. Misalnya, OHP, slide, radio dsb.
5.      Technique (teknik), yaitu prosedur atau acuan yang dipersiapkan untuk penggunaan bahan, peralatan, orang, lingkungan untuk menyampaikan pesan. Misalnya, simulasi, demonstrasi, tanya jawab dsb.
6.      Setting (lingkungan), yaitu situasi atau suasana sekitar dimana pesan disampaikan baik lingkungan fisik maupun nonfisik, misalnya kels, perpustakaan, tenang, ramai dsb.
Disamping itu, kita juga dapat mengklasifikasikan sumber belajar dari versi yang lain, yaitu:
1.      Menurut sifat dasarnya, sumber belajar ada 2 macam yaitu sumber insani (human) dan non-insani (non-human).
2.      Menurut segi pengembngnnya, sumber belajar ada 2 macam:
- Learning resources by design (sumber belajar yang dirancang untuk keperluan pengajaran).
- Learning resources by utilitarian (sumber belajar yang tidak dirancang untuk keperluan pengajaran.

C. Komponen dan Faktor Sumber Belajar
Komponen sumber belajar adalah bagian-bagian yang selalu ada di dalam sumber belajar itu, dan bagian-bagian itu merupakan satu kesatuan yang sulit berdiri sendiri sekalipun mungkin dapat digunakan secara terpisah. Sudjana dan Rivai (2003:82) mengemukakan komponen-komponen dan faktor-faktor yang berpengaruh kepada sumber belajar sebagai berikut:
1)      Komponen-komponen sumber belajar
*  Tujuan, misi, atau fungsi sumber belajar.
*  Bentuk, format, atau keadaan fisik sumber belajar
*  Pesan yang dibawa oleh sumber belajar
*  Tingkat kesuitan atau kompleksitas pemakaian sumber belajar.
2)      Faktor-faktor yang berpengaruh kepada sumber belajar
*  Perkembangan teknologi
*  Nilai-nilai budaya setempat
*  Keadaan ekonomi pada umumnya
*  Keadaan pemakai

 D. Memilih Sumber Belajar
Sudjana dan Rivai (2003:84) merumuskan beberapa kriteria dalam pemilihan sumber belajar. Kedua kriteria pemilihan sumber belajar terebut berlaku baik untuk sumber belajar yang dirancang maupun bagi sumber belajar yang dimanfaatkan.
1)      Kriteria umum
*  Ekonomis
*  Praktis dan sederhana
*  Mudah diperoleh
*  Bersifat fleksibel
*  Komponen-komponennya sesuai dengan tujuan
2)      Kriteria berdasarkan tujuan
*  Sumber belajar guna memotivasi
*  Sumber belajar untuk tujuan pengajaran
*  Sumber belajar untuk penelitian
*  Sumber belajar untuk memecahkan masalah
*  Sumber belajar untuk presentasi

E. Memanfaatkan Sumber Belajar
Ada beberapa persyaratan dalam memanfaatkan berbagaisumber belajar. Sudjana dan Rivai (2003:87) mengemukakan persyaratan sebagai berikut :
  1. Tujuan instruksional hendaknya dijadikan pedoman dalam memilih sumber belajar yang sahih
  2. Pokok-pokok bahasan yang menjelaskan analisis isi pelajaran yang akan disajikan kepada siswa. Hal itu perlu dilakukan sebagai dasar pemilihan serta pemanfaatan sumber belajar agar materi yang disajikan melalui sumber-sumber belajar dapat memperjelas dan memperkaya isi bahan
  3. Pemilihan strategi, metode pengajaran yang sesuai dengan sumber belajar.
  4. Sumber-sumber belajar yang dirancang berupa media instruksional dan bahan tertulis yang tidak dirancang
  5. Pengaturan waktu sesuai dengan luas pokok bahasan yang akan disampaikan kepada siswa. Waktu yang diperlukan untuk menguasai materi tersebut akan mempengaruhi sumber belajar yang dipergunakan
  6. Evaluasi, yakni bentuk evaluasi yang akan digunakan.






      




BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
  1. Sumber belajar adalah segala daya yang dapat dipergunakan untuk kepentingan proses pengajaran baik secara langsung maupun tidak langsung, diluar peserta didik (lingkungan) yang melengkapi diri mereka pada saat pengajaran berlangsung. Sedangkan Edgar Dale berpendapat bahwa, yang disebut sumber belajar adalah pengalaman.
  2. Sumber belajar diklasifikasikan menjadi 6 yaitu: Message, People, Material, Device, Technique, Setting. Selain itu juga bisa diklasifikasikan menjadi; human dan non-human, serta sumber belajar yang dirancang dan tidak dirancang.
  3. Komponen-komponen sumber belajar: Tujuan, bentuk, pesan yang dibawa, tingkat kesulitan pemakaian sumber belajar. Sedangkan faktor-faktor yang             berpengaruh kepada sumber belajar adalah: perkembangan teknologi, nilai-nilai budaya setempat, keadaan ekonomi pada umumnya, dan keadaan pemakai
  4. Dalam rangka memanfaatkn sumber belajar secara luas, guru hendaknya memahami beberapa kualifikasi yang dapat menunjuk pada sesuatu untuk dipergunakan sebagai sumber belajar.














DAFTAR PUSTAKA


































DAFTAR ISI

Daftar Isi....................................................................................................................
i
BAB I PENDAHULUAN

A
Latar Belakang......................................................................................................
1
B
Rumusan Masalah.................................................................................................
1
C
Manfa’at dan Tujuan.............................................................................................
1
BAB II PEMBAHASAN

A
Pengertian Sumber Belajar……………………………………………………...
3
B
Klasifikasi Sumber Belajar...................................................................................
3
C
Komponen dan Faktor Sumber Belajar.................................................................
4
D
Memilih Sumber Belajar.......................................................................................
5
E
Memanfaatkan Sumber Belajar.............................................................................
6
BAB III PENUTUP

A
Kesimpulan...........................................................................................................
7
Daftar Pustaka...........................................................................................................
8






















SUMBER BELAJAR

  
Diajukan Untuk
Memenuhi Tugas Ahir Semester (UAS)
Mata Kuliah Media & Tekhnologi Pembelajaran BA

Dosen Pengampuh: Taufiqurrahman, M. Pd.        

     
       






Oleh:

1.
Hariri
2.
Asroyo
3.
Masyku
4.
Zakariya

SEKOLAH TINGGI ISLAM AL-KARIMIYAH (STIA)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB (PBA)
Braji Gapura Sumenep
2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar